Pulau Moyo

Wisata Alam – Pulau Moyo – Nusa Tenggara Barat

Pulau Moyo  adalah sebuah pulau yang terdapat 2,5 km di sebelah utara Pulau Sumbawa. Pulau ini memiliki luas 330 km2, ketinggian maksimum 671 meter, dan garis pantai 88 km. Secara administratif, pulau ini termasuk wilayah Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, Indonesia.

Pulau yang kecil, sepi namun memiliki kekayaan alam yang luar biasa (pernah dikunjungi oleh Lady Diana dan Mick Jagger untuk berlibur). Pulau Moyo, Melihat keindahan pantai, laut dan alamnya, memang menawarkan ketenangan bagi penikmat keindahan alam bebas dan bawah laut.

Akses ke Pulau Moyo dengan mobil dapat ditempuh dari Sumbawa Besar ke Ai Bari, kampung pesisir yang terletak sekitar 20 km Utara Sumbawa Besar. . Ai Bari yang dalam bahasa Samawa berarti air asin, merupakan kampung nelayan yang miskin fasilitas, namun dari orang Samawa, Bajo dan Bugis yang menghuni daerah ini, sangat ramah.
Perjalanan dari Ai Bari ke Pulau Moyo dapat ditempuh selama lebih kurang 15 menit dengan speedboat, atau menggunakan kapal ketinting.

Pulau Moyo memiliki variasi ketinggian dari 0-648 m di atas permukaan laut. Sebagai penanda masih lestarinya pulau seluas kurang lebih 30.000 hektar ini, ratusan kupu-kupu akan terlihat dari balik semak belukar, pepohonan atau di tengah padang savana. Pulau ini juga dihuni 21 jenis kelelawar, burung, macaque, babi liar, rusa dan ular. Dengan kondisi alam yang masih sangat alami
Hutan yang indah dan nyaris tak tersentuh, air terjun dan sungai-sungai alami, serta keindahan bawah laut . Selain hiking di hutan, menyusuri sungai dan air terjun, beberapa gua yang dapat dicapai dengan berjalan kaki. Salah satunya adalah Gua Ai Manis yang harus dicapai dengan sedikit memanjat tebing. Gua ini tempat bersarangnya ratusan kelelawar. Trekking yang bisa dimulai dari Labuan Haji, ke arah Air terjun Brang Rea (Sungai Besar) yang terletak di tengah pulau.

Pulau Moyo juga merupakan “surga” bagi pencinta burung. Dari 124 spesies burung yang terdapat di Sumbawa, 86 jenis di antaranya berada di pulau ini. Spesies burung langka juga bisa Anda temukan di sini. Diantaranya adalah Kakatua berkepala kuning serta burung Gosong yang unik karena mengandalkan tanaman dan ranting untuk menghasilkan panas selama masa inkubasi telurnya.

Snorkeling atau menyelam,melihat berbagai keindahan bawah laut . Taman laut yang membentuk formasi karang lunak dan keras yang indah, bisa ditemukan sponge (spon) dan crustacea. terkadang melihat hiu kecil , melihat belut, berenang di sekitar pantai Ai Manis.
Hampir keseluruhan pulau dikelilingi karang yang masih dalam keadaan baik dan belum rusak. Hiu dengan panjang kurang lebih dua meter, anemon, pelagik, belut, groupers bahkan manta dan sekelompok ikan terbang .
Diving, bisa melakukannya di sekitar Pulau Medang, yang terletak di Barat Laut Pulau Moyo. dan Pulau Satonda, pulau mungil di sebelah timur laut Pulau Moyo yang memiliki danau air asin di tengah pulau

Pulau Moyo yang romantis cocok untuk  ber-honeymoon sambil melihat keindahan pantai, laut dan alamnya yang masih perawan ,Air Terjun berundak Mata Jitu yang berada di taman burung Pulau Moyo dan Aneka Burung Langka , Brang Rea (Sungai Besar) yang terletak di tengah pulau
Wisata alam bawah laut,berbagai jenis terumbu karang dan ikan hias yang beranekaragam ,snorkeling dengan Hiu dengan panjang kurang lebih dua meter, anemon, pelagik, belut, groupers bahkan manta, diving di sekitar Pulau Medang, yang terletak di Barat Laut Pulau Moyo.
Bermalam di Pulau Moyo dengan tenda segala kemewahan layaknya sebuah resor bisa berinternet, dokter 24 jam, perpustakaan, makan pagi dan masih banyak lagi[referensi liburan.info, weddingku.com]

5 Responses to “Pulau Moyo”

  1. Har Says:

    tolong kasi info tentang liburan di pulau Moyo donk,
    misalnya tempat tinggal, ga mesti hotel seh, yg murah aja trus transportasi dari Jakarta kesana.
    thx y

  2. inticom Says:

    memang sih pulau moyo dikenal dengan pulau untuk berbulan madu, jadi kebanyakan disiapkan tenda2 eksklusif dengan segala fasilitas yang modern, tapi bila anda tidak mau di kawasan itu , anda dapat nginap di home stay sekitarnya jauh lebih murah , cuma kenyamanannya tdk seperti di tenda tersebut.atau di kampung Ai Bari, bersama dengan penduduk setempat yang sangat ramah.
    Dari jakarta anda dapat menggunakan penerbangan ke Mataram, selamat berlibur

  3. Rifki Says:

    tolong beri informasi tentang hunting area di pulau moyo. apa nama resortnya? terimakasih.

  4. Nizarjoe Says:

    Memang pulau moyo ini indah, saya merasakan keindahannya 2 minggu yg lalu…

  5. Tatik Setyaningsih Says:

    Kalau boleh tahu,harga paket wisata ke pulau moyo brpya ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: