Gili Trawangan

Wisata Alam – Gili Trawangan – Nusa Tenggara Barat

Gili Trawangan  adalah yang terbesar dari ketiga pulau kecil atau gili yang terdapat di sebelah barat laut Lombok. Trawangan juga satu-satunya gili yang ketinggiannya di atas permukaan laut cukup signifikan. Dengan panjang 3 km dan lebar 2 km, Di antara ketiga gili tersebut, Trawangan memiliki fasilitas untuk wisatawan yang paling beragam; kedai Tîr na Nog mengklaim bahwa Trawangan adalah pulau terkecil di dunia yang ada bar Irlandia-nya. Bagian paling padat penduduk adalah sebelah timur pulau ini.

Gili Trawangan punya nuansa pesta lebih daripada Gili Meno dan Gili Air, karena banyaknya pesta sepanjang malam yang setiap malamnya dirotasi acaranya oleh beberapa tempat keramaian. Aktivitas yang populer dilakukan para wisatawan di Trawangan adalah scuba diving (dengan sertifikasi PADI), snorkeling (di pantai sebelah timur laut), bermain kayak, dan berselancar. Ada juga beberapa tempat bagi para wisatawan belajar berkuda mengelilingi pulau.

Di Gili Trawangan (begitu juga di dua gili yang lain), tidak terdapat kendaraan bermotor, karena tidak diizinkan oleh aturan lokal. Sarana transportasi yang lazim adalah sepeda (disewakan oleh masyarakat setempat untuk para wisatawan) dan cidomo, kereta kuda sederhana yang umum dijumpai di Lombok. Untuk bepergian ke dan dari ketiga gili itu, penduduk biasanya menggunakan kapal bermotor dan speedboat.

Konon dahulunya pulau ini pernah dijadikan tempat pembuangan narapidana. Pada waktu itu karena semua penjara sedang penuh, raja yang waktu itu berkuasa membuang 350 orang pemberontak Sasak ke pulau ini. Baru sekitar tahun 1970-an pulau ini dikunjungi penduduk dari Sulawesi yang kemudian menetap di sini.

Gili Meno adalah salah satu dari tiga pulau kecil, selain Gili Trawangan dan Gili Air, yang menjadi kawasan wisata bahari. Tempat ini dapat dicapai dari Kota Mataram sekitar 45 menit berkendaraan darat dengan perjalanan melewati Pantai Senggigi yang berlatarkan pemandangan pantai yang menakjubkan serta hutan lindung. Di sini terdapat taman burung yang mempunyai koleksi burung-burung langka dari Indonesia dan mancanegara. Pasirnya putih dan masih alami. Di Gili Meno kendaraan bermotor sangat dibatasi, demikian pula penggunaan listrik [wikipedia]
Gili Meno, pulau tengah, yang terkecil dari tiga Gili dan itu adalah yang paling tenang dengan sedikit wisatawan. A great escape untuk berbulan madu atau seseorang yang ingin melepaskan diri dari itu semua. Sebuah fitur khusus dari pulau ini adalah danau garam dan spektakuler menyelam situs seperti, Meno Wall, Sea Turtle Point, dan Blue Coral Point. Pantai di bagian timur pulau sangat bagus dan ada hanya snorkeling dan lepas pantai utara. Di masa lalu Meno dikenal memiliki banyak nyamuk, tetapi langkah-langkah telah diambil untuk mengendalikannya. Masih waktu terbaik untuk mengunjungi pulau ini selama musim kemarau  [lombok-gallery.blogspot]

Gili Air adalah Gili terdekat ke Lombok. Hal ini juga yang paling penduduknya dan Anda akan menemukan lebih banyak pohon di sana daripada Gili yang lain. Penduduk setempat adalah: Sasak, Mandar, Bugis dan Makassar. Anda dapat menemukan budaya yang unik yang berbeda dari Lombok dan pantai indah. Banyak dari generasi tua masih mencari nafkah sebagai pengemudi perahu, nelayan dan petani kelapa. Hanya ada beberapa sejumlah hotel bintang 2-3 (kamar dengan AC, kolam renang, TV dll) di Gili Air. Sebagian besar tempat-tempat untuk makan dan tetap berada di selatan dan sisi timur pulau (dekat dermaga). Anda dapat menemukan banyak rumah tinggal atau anggaran akomodasi di pulau ini. Tidak banyak hal yang terjadi selama 3-5 tahun terakhir. Salah satu sekolah menyelam pertama (The Reef pencari) tidak lagi beroperasi dari Gili Air. Mereka telah pindah ke Flores. Kembali tamu adalah apa yang mereka harapkan untuk datang. Sebagian besar akomodasi yang dimiliki dan dikelola secara lokal, sedangkan beberapa pasar sampai hotel sendiri dan dikelola oleh investor asing. Anda dapat pergi dari satu pulau ke pulau lain dengan bergabung Gili Island’s berharap perahu (berangkat dua kali sehari). Orang di sini lebih ramah daripada di Gili Trawangan. Ada juga beberapa tempat tinggal di utara dan selatan pantai barat dalam suasana tenang.

baca juga gili paradise

One Response to “Gili Trawangan”

  1. Wennie Says:

    Mantap..
    Saya juga liburan dari Bali lanjut ke Gili Trawangan. Tadinya bingung cara nyampe Gili dari Bali. Ternyata ada transport fast boat langsung dari Bali ke tiga Gili (Gili Trawangan / Gili Meno / Gili Air) bahkan juga ke Lombok. Saya order online di GiliTransfers.com, pake nego2 biar dikasih harga turis lokal. Boatnya bagus n mangstap, ngebut kaya F1 n bisa duduk2 di dek atas bareng bule2 (hampir semua penumpangnya bule).
    Abis dari Gili naik public boat ke Lombok. Murah banget cuma 10 ribu rupiah per orang (tapi memang cuma 20 menitan sih). Pulang naik direct flight dari Lombok ke Jkt.

    ps: Dapat tips dari org lokal: hati-hati dengan minuman anda. kalo biasa minum minuman beralkohol, pastikan bukan oplosan coz banyak minuman oplosan di Bali dan terutama di Gili. Bwt yang cewe, gelas minuman jangan ditinggal lama2 tanpa pengawasan.

    Happy vacation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: