Wisata Alor

Pantai mali berada di desa kabola kecamatan teluk mutiara dengan jarak 10 KM dari kota kalabahi. Pantaiini menyajikan air yang tenang dengan pasir putih dan taman wisata alam laut yang indah serta rimbunan pohon kelapa yang syarat berbuah.

Dari pantai ini dapat dilihat pulau Sika yang sangat indah dan terdapat sebuah kuburan tua dan keramat. Objek ini dapat dijangkau dengan angkutan umum dengan intensitas sedang, ojek mobil probadi atau sewaan.
Dari pantai mali sekitar 3 km dapat dilihat suatu pemandangan alam hutan nostalgia dimana para pengunjungnya diberikan anakan tanaman untuk ditanam sekitar lokasi dengan mencantumkan namanya pada pohon tersebut. Pada hutan ini juga terdapat sebuah mata air yang sejuk dibawah rerimbunan pohon kenari dan cendana yang indah

Pantai Maimol mempunyai jarak yang Kurang lebih sekitar 8 km dari kota Kalabahi. Maimol sebagai kampung nelayan tradisional, memiliki potensi cukup baik guna menjadi penghasil ikan di wilayah kabupaten Alor, namun oleh pemerintah kabupaten Alor belum dikelola secara profesional.untuk menjadikan pantai maimol menjadi tujuan objek wisata yang bertaraf internasional

Kampung tradisional Takpala terletak di Desa Lembur Barat, Kecamatan Alor Tengah Utara, Kabupaten Alor. Perjalanan ke Takpala dari Bandar Udara Mali-Alor bisa ditempuh dengan ojek sepeda motor. Jika dengan kendaraan umum, dari Terminal Kalabahi, ibu kota Kabupaten Alor, bisa menggunakan bus jurusan Bukapiting, turun di Takalelang. Spanduk selamat datang ke kampung tradisional Takpala menyambut di depan jalan mendaki beraspal menuju Takpala. Perjalanan dari Takalelang menuju Takpala memerlukan waktu sekitar 15 menit jalan kaki. Sebagai kampung tradisional, Takpala memiliki 12 rumah adat dan merupakan tujuan wisata Alor yang telah ditata cukup oke. Masuk Takpala tidak dipungut retribusi sepeser pun. Di Takpala bisa dijumpai kehidupan yang sangat bersahaja. Masyarakat menyandarkan kebutuhan sehari-hari pada hasil hutan. Sehingga, ketika berkunjung di siang hari, suasana kampung tampak sepi karena penduduknya pergi ke hutan mencari kebutuhan hidup. Jika sebelum kunjungan memberitahu ke dinas wisata setempat, maka warga Takpala bisa diorganisasi untuk menyuguhkan tarian lego-lego. Tarian ini dilakukan secara massal, bergandengan tangan secara melingkar. Tetabuhan gong dan moko mengiringi gerak rancak para penari.

Perkampungan tradional Monbang.berada di Desa Kopidil Kecamatan Alor Barat Laut. Jarak dari Kalabahi sekitar 7 km, Perkampungan tradional Monbang dapat ditempuh dengan kendaraan roda 4 dalam waktu 45 menit. Potensi yang dapat dinikmati di Perkampungan asli suku Kabola

Masyarakat, rumah adat, lagu, tarian khas suku Kabola
Busana spesifik dari kulit kayu
Dalam perjalanan dapat menikmati keindahan Teluk Mutiara

Perkampungan tradisional Bampalola, di Kecamatan Alor Barat Laut, jarak dari Kalabahi kira-kira 15 km sebelah Barat. Potensi yang dinikmati :
Rumah adat Fet Lakatuil
Upacara Makan Baru, penentuan waktu tanam, panen, lego-lego, dll
Desa Alor Kecil dan Alor Besar, jarak 14 dan 17 km dari kalabahi potensi yang dinikmati :
Upacara sunatan adat
Acara Nikah adat
Tari-tarian lego-lego jubah dodo
Kitab Suci Al Qur’an tua dari kulit kayu
Musik tradisional
Arus air laut dingin sehingga rakyat panen ikan
Home stay di Pulau Kepa
Taman laut dan panorama alam bawah laut yang indah

3 Responses to “Wisata Alor”

  1. vero Says:

    Sungguh luar biasa ..

  2. Ferdinan Lowen Says:

    maaf,saya ijin kopi artikel ini e.Terima kasih.

  3. www.wisataku.net Says:

    Walaupun belum banyak yang mengetahui tempat wisata di Alor, namun banyak pengunjung yang berminat mengunjungi Alor, Mudah”an Alor semakin di kenal masyarakat luas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: