Wisata Lombok Barat

Pantai Senggigi Obyek wisata yang sangat terkenal adalah pantai Senggigi. Pantai ini terletak tidak begitu jauh dari kota Mataram ataupun dari bandara yang di Ampenan, hanya 1/2 jam perjalanan.

di sepanjang pantai senggigi ini telah berdiri banyak hotel berbintang 5 dan bintang 4 baik itu yang berada di pesisir pantai ataupun berada di bukitnya.

Pantai Senggigi memang tidak sebesar Pantai Kuta di Bali, tetapi seketika kita berada di sini akan merasa seperti berada di Pantai Kuta, Bali. Pesisir pantainya masih asri, walaupun masih ada sampah dedaunan yang masih berserakan karena jarang dibersihkan. Pemandangan bawah lautnya sangat indah, dan wisatawan bisa melakukan snorkling sepuasnya karena ombaknya tidak terlalu besar. Terumbu karangnya menjulang ketengah menyebabkan ombak besarnya pecah di tengah. Tersedia juga hotel-hotel dengan harga yang bervariasi, dari yang mahal sampai hotel yang berharga ekonomis.

pantai Senggigi ini berada dibagian barat pulau lombok. Pantai ini menghadap selat Lombok yang berbatasan dengan Pulau Bali. Pantai Senggigi pasirnya memang tidak putih seperti pantai-pantai terkenal kebanyakan, pantainya berpasir cokelat tetapi bersih dan berkontur landai sehingga sangat cocok untuk bermain-bermain di pinggir pantainya.

Pantai Senggigi sangat eksotis karena ditambah dengan pohon -pohon kelapa yang sangat banyak sehingga panorama sangat bagus sekali apalagi menikmati pantai ini di kala sunset

 
Taman Narmada terletak 10 Km dari arah timur Kota Mataram merupakan tiruan dari Gunung Rinjani. Dibangun oleh Raja Anak Agung Dede Karang Asem. Awal abad 19 Raja membuat replika tersebut serta sebuah Pura Suci Narmada. Persembahyangan dipimpin oleh seorang Pendeta di Pura tersebut tanpa pergi ke Gunung Rinjani
Pada saat sekarang, taman terbuka untuk umum dan menjadi pusat rekreasi yang selalu ramai. Didalamnya terdapat mata air yang konon airnya berasal dari Gunung Rinjai dan dipercaya bisa menjadikan seseorang tetap awet muda sehingga disebut Air Awet Muda. Nama Pura ini diambil dari sebuah sungai suci di India yang memuja Shiwa yaitu Pura Kalasa.

Taman Narmada adalah sebuah taman yang dulunya digunakan sebagai tempat peristirahatan dan permandian keluarga raja (Sewaktu masih masa kerajaan di Mataram). Di taman ini terdapat kolam renang dan sebuah Pura Hindu. Tempat ini juga mempunyai mata air awet muda, yang dipercaya akan memberi umur panjang bagi siapa yang meminum air dari mata air ini 
 
Taman Mayura yang terletak beberapa meter ke timur dari pusat perbelanjaan Kota Mataram ini menyimpan banyak nilai seni, budaya dari sejarah kerajaan Hindhu di Pulau Lombok beberapa abad yang silam.
Ditelususri sejarahnya, Mayura berarti burung merak. Nama itu erat kaitannya dengan latar belakang dan sejarah saat pertama kali taman yang luasnya sekitar tiga hektare dan dibangun sekitar tahun 1821 m. Taman ini dibangun oleh Raja Anak Agung Gede Ngurah sebagai tempat rekreasi dan persembahyangan waktu itu.
Sebelumnya lokasi Taman Mayura adalah hutan lebat yang banyak dihuni ular-ular berbisa dan berbahaya. Karenanya, waktu itu raja berinisiatif untuk meminta bantuan kepada sahabatnya yang berasal dari Pakistan guna mengusir binatang berbisa itu.
Orang Pakistan tersebut ternyata menggunakan sejumlah burung merak untuk mengusir ular-ular dari hutan, tempat Taman Mayura akan dibangun.
Jika mengunjungi Taman Mayura, anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang jauh dari kesan hingar bingar kota. Suasana sejuk, hijau, dan alami akan menemani anda di tempat tersebut.
Tak hanya itu, di tempat itu juga kita dapat menjumpai sebuah bangunan Pura yang berada tepat ditengah sebuah kolam berukuran besar. Bangunan tersebut merupakan salah satu bangunan peninggalan raja waktu itu.
Ditengah kolam terdapat patung burung merak dan patung haji yang terbuat dari batu. Dua patung itu adalah simbol penghormatan kepada sahabat raja dari Pakistan yang berhasil mengusir ular.
Menyisir lebih jauh Taman Mayura, juga terdapat beberapa benda peninggalan jaman raja waktu itu, seperti meriam atau mesiu milik tentara Belanda yang pernah digunakan untuk menggempur kerajaan Hindhu Lombok. Keaslian dari aset-aset yang ada di Taman juga tetap terjaga dan utuh. Hal itu karena tempat tersebut selalu dijaga dan dipelihara serta dibawah tanggung jawab Anak Agung Biarsah yang masih keturunan langsung dari Raja Anak Agung Gede Ngurah
 
Hutan Lindung Sesaot adalah wana wisata kawasan hutan lindung yang masih alami. Hutan lindung yang berada di Desa Sesaot di ujung timur wilayah Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat,ditengah hutan terdapat sungai berbatu besar-besar dengan airnya yang jernih dan dingin.

disana terdapat banyak tenda lesehan menjual makanan lombok yang didirikan di sela-sela akar pohon yang besar-besar. Sesaot juga masih termasuk dalam kecamatan Narmada. sangat cocok buat anda yang ingin merasakan kesejukan dan ketenangan. Untuk menuju kesana dapat menggunakan kendaraan atau Ojek dari perempatan depan pasar Narmada.
.

 
Kota Ampenanadalah sebuah kecamatan di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Daerah ini dahulunya merupakan pusat kota Lombok. Di sebelah barat berbatasan dengan Selat Lombok (laut yang menghubungkan Pulau Lombok dengan Pulau Bali). Di kecamtan ini terdapat peninggalan kota tua karena dahulunya merupakan pelabuhan utama daerah Lombok.

Terdapat banyak kampung yang merupakan perwujudan dari berbagai suku bangsa di Indonesia di antaranya Kampung Bugis,
 
Bukit Malimbu. Bukit Malimbu merupakan daratan tinggi terusan area Pantai Senggigi, terletak di kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Di sini Anda bisa menikmati hamparan pasir putih yang terbentang di hadapan bukit. Dari atas bukit, Anda akan disegarkan oleh pemandangan alam terbuka yang sangat mempesona. Indahnya matahari terbenam akan menjadi pemandangan yang tak terlupakan. Selain itu, Anda bisa menikmati pemandangan gunung Agung di Bali dan deretan gili-gili (pulau) di bagian utara pulau Lombok.Objek wisata itu dari kota Mataram membutuhkan waktu sekitar 30 menit. Untuk mencapai lokasi , Anda harus membawa kendaraan sendiri atau menyewa, karena tidak ada kendaraan umum yang langsung menuju ke lokasi. Anda sebaiknya membawa bekal makanan karena belum terdapat penginapan ataupun restoran yang bisa melayani kebutuhan Anda. Bagi Anda yang ingin bermalam, di sini tersedia gubuk-gubuk yang bisa di sewa untuk beristirahat, menyantap bekal sekaligus menikmati keindahan pantai

 
Pantai Kerandangan, tidak hanya memukau masyarakat Kota Mataram, melainkan juga berbagai lapisan masyarakat di Lombok Tengah dan Lombok Timur apalagi mancanegara. Pada hari libur, ribuan orang tumpah dengan membawa kendaraan masing-masing.Pantai Karandangan Berada di utara pantai senggigi

Kawasan di pantai itu sebenarnya sudah dikapling investor dari Jakarta, namun lama terbengkalai. Karena terbengkalai, pengawas pantai kemudian mengelolanya. Selain memungut retribusi Rp 1.000 – Rp 2.000 untuk tiap kendaraan yang masuk, mereka pun memungut iuran dari para pedagang sebesar Rp 5.000 per bulan. Hasilnya, bisa dibayangkan. Jika hari libur, jumlah pungutan cukup besar karena ribuan warga tumpah ke lokasi itu
 

Pantai Batu Bolong ini memiliki batu besar dengan sebuah bolongan di dalamnya. Letaknya dekat kuil Hindu yang berada di atas puncak yang jika memandang ke bawah akan terlihat selat Lombok sampai gunung Agung yang penuh keagungan di Bali.

Setelah berjemur, bersantai dan bersenang-senang di pantai indah ini, menunggu sampai sore hari untuk melihat matahari terbenam yang luar biasa.

DI sudut tikungan jalan menurun menuju Senggigi, Lombok, di situlah Pura Batu flolong berada. Sebuah pura yang berdiri di atas batu karang yang bolong (berlubang) serta tetap kokoh, tegar dan agung di bibir pantai Senggigi ini, menyhnpan aura religius yang kuat dengan keindahan pantainya. Buih-buih ombak yang ramah seolah senantiasa meranku1 dengan damai areal pura dan pantainya.Awal memasuki kawasan pura yang piodalan-nya jatuh pada Purnamaning Kasa ini, umat Hindu atau pamedek yang hendak tangkil (melakukan persembahyangan) bisa masuk melalul Candi Bentar bertekstur pasir. Di kiri-kanan gerbang utama ini ada pintu kecil (betelan) berterali besi sebagai side entrance atau pintu sampingnya.

Di sebelah kiri areal (dekat jalan raya), terdapat bukit yang di atasnya berdiri Pura Pucaksari Melanting dengan beberapa pelinggih dan bangunan pelengkap, seperti Palinggih Pasimpangan Gunung Agung, Pasimpangan Gunung Rinjani, Pasimpangan Ayu Mas Melanting dan Bale Pawedan. Di sekeliling, selain pantai nan elok, juga beragam pepohonan tumbuh di areal dekat pura. Seperti pohon beringin (di Jaba Sisi), bujut, celagi (asem), waru (di tepi pantai), pule, dan lain-lain.

Memasuki areal pura, orang akan menuruni tangga terlebih dulu, sebelum melewati beberapa pelinggih yang berdiri di sekitar jalan setapak menuju puncak Pura Batu Bolong. Saat pertama, di sisi kiri jalan yang dilalui, ada dua pelinggih (dalam satu penyengker). Yang lebih dekat dengan pintu masuknya, berdiri (menghadap ke selatan), palinggih Bagus Balian. Di sisi kiri dari pelinggih itu (menghadap ke barat) ada pelinggih Pengayengan Ratu Gde Mas Mecaling.

Pada sisi kirinya, berjejer Bale Pewaregan dan Bale Pakemit. Melewatinya, di sebelah kanan jalan setapak terdapat Bale Pawedan dan Bale Pengodal. Menyusul di belakang Pelinggih Pangelukatan (dasar palinggih-nya bersentuhan dengan air laut). Seberang kanannya ada Palinggih Pelawangan

 
Taman Suranadimerupakan salah satu andalan wisata di Pulau Lombok. Karena itu, tidak mengherankan jika obyek wisata itu sepertinya tak pernah sepi pengunjung, terutama pada hari libur.

Untuk menuju obyek wisata itu, hanya ditempuh dengan waktu sekitar 10 menit dari Bandara Selaparang, Mataram. Jarak antar keduanya tidak terhitung jauh, hanya sekitar 15 kilometer.

Taman Suranadi terletak di Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat, Propinsi Nusa Tenggara Barat. Taman dengan luas sekitar 52 hektar ini telah ditetapkan sebagai kawasan konservasi berdasarkan SK Menteri Pertanian

Tujuan penetapan itu guna meningkatkan fungsi konservasi baik flora/fauna maupun ekosistemnya, agar tercapai keserasian lingkungan dan yang dimanfaatkan sebagai obyek rekreasi, pendidikan, kebudayaan, penelitian dan kepariwisataan.

Jadi, bagi para wisatawan, rasa lelah (jetleg) selama penerbangan, rasanya akan terbayar sudah dengan suguhan Taman Suranadi yang indah dan sejuk. Apalagi, di depan Taman Wisata Suranadi juga banyak penjual aneka makanan khas daerah setempat, diantaranya sate bulayak, sate dengan lontong yang dibungkus daun aren (bulayak).
Selain itu, di lokasi Taman Suranadi sendiri juga menyuguhkan mata air yang jernih dan sejuk.

2 Responses to “Wisata Lombok Barat”

  1. 31121987Awan Says:

    tengs…ya imfonya, tp yng kt lht di imfo soheb ne msh kurng,
    ane punya saran” di tambah tu tmpt wisata yng lum ada’ soo…di lombk barat mash bnyk Loo…

  2. paket wisata ke lombok Says:

    Yesterday, while I was at work, my cousin stole my iphone and tested
    to see if it can survive a 30 foot drop, just so she can be a youtube sensation. My iPad is now destroyed
    and she has 83 views. I know this is completely off topic but I
    had to share it with someone!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: